Sejuta Inspirasi Untuk Ridho Ilahi

Anggapan beberapa orang bahwa lebih nyaman bekerja sebagai karyawan. Tidak pusing menawarkan barang (promo), tidak khawatir uang tidak ada, jaminan makan siang, uang ini uang itu terkadang ada.

Tetapi tidakkah terpikir oleh anda bahwa suatu saat anda pasti mengalami dua kemungkinan :

  1. Pensiun. Kalau sudah pensiun masih mengandalkan uang jaminan hari tua (JHT) ? Ini tidak menjamin, nilai nominal uang JHT anda tergerus inflasi yang rata-rata 9 % per tahun. Berarti anda memasuki masa sulit setelah masa nyaman anda.
  2. PHK. Ini lebih parah, walaupun anda mendapat uang pesangon ratusan juta sekalipun uang pesangon anda terus tergerus habis karena konsumsi dan inflasi. Biasanya anda idak akan siap menghadapi situasi ini. Kalau PHK anda mengundang polemik pasti yang terpikir adalah demo karyawan dan konsumsi kebutuhan sehari-hari. Begitupun jika PHK tidak ada polemik maka yang terpikirkan adalah mencari lowongan kerja dan konsumsi kebutuhan sehari-hari.

Kedua kemungkinan ini amatlah riskan untuk anda yang saat ini sebagai karyawan dan belum memiliki persiapan peralihan dan mental.

Cara efektif adalah bersegeralah anda memiliki wirausaha sekecil apapun bahkan seremeh apapun. Tidak jarang orang yang hanya berjualan gorengan mampu memiliki rumah mewah dan menuntaskan anak-anaknya hingga sarjana.

Dengan menjalankan wirausaha di masa anda sebagai karyawan memiliki beberapa manfaat, di antaranya :

  1. Membangun mental yang kuat. Menjalankan wirauasaha melatih mental yang kuat karena kadang menghadapi kerugian.
  2. Memiliki visi dan misi bagi diri anda. Artinya anda sudah memiliki tujuan hidup anda kemana setelah anda tidak menjadi karyawan lagi.
  3. Memiliki kemampuan manajemen yang aplikatif. Bagaimana tidak ? anda tentu sedikit demi sedikit akan memiliki kemampuan manajemen secara aplikatif langsung terjun ke lapangan.
  4. Membuat persiapan yang lebih baik ketika menghadapi pensiun atau PHK.
  5. Memiliki teman yang berwawasan luas. Untuk yang ini hendaklah anda bergabung ke dalam komunitas wirausahawan.
  6. Mengasah otak kanan. Tentu dengan menjalankan wirausaha maka diperlukan ide-ide kreatif dari otak kanan anda.
  7. Berani menghadapi tantangan dan resiko.

Dan lain sebaginya. Tetapi yang tak kalah pentingnya, terkadang oarang yang terbiasa menjalankan wirausaha selalu berani dalam mengeluarkan sedekah dalam jumlah besar.

Jadi tunggu apa lagi ? Toh anda akan mengalami dua pilhan cepat atau lambat. Pensiun/PHK atau perusahaan tempat anda bekerja bangkrut artinya anda yang berhenti atau perusahaan yang berhenti

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: